7 Jenis Cat Berdasarkan Kegunaannya Menurut KlinKlin

7 Jenis Cat Berdasarkan Kegunaannya Menurut KlinKlin
7 Jenis Cat Berdasarkan Kegunaannya
  • Post category:Cat

Apa saja sih macam cat itu? Pasti kalian kira kalau jenis cat yang ada hanya cat tembok dan cat besi saja. Padahal jenisnya cat itu sangat banyak. Mari kita simak 7 macam cat berdasarkan kegunaannya. Supaya kamu tidak kebingungan saat mencari cat di toko nantinya.

7 Jenis Cat yang Wajib Kamu Ketahui

  1. Cat Duco

    Cat duco adalah cat yang digunakan dalam proses teknik finishing dengan cara disemprotkan. Biasanya cat dan teknik yang satu ini digunakan untuk menggunakan aneka furnitur rumah dari bahan kayu seperti kursi, meja, dan lemari. Jadi tidak hanya pada mobil ya teman-teman, duco sering disebut sebagai cat dempul guna menghaluskan permukaan logam atau kayu

  2. Cat Alkyd Syntetic
    Alkyd syntetic adalah jenis cat yang dapat kamu pakai pada eksterior maupun interior rumah. Sifat dari cat ini berguna untuk mengilapkan / membuat glossy pada permukaan benda yang dicat. Kelebihannya sendiri ialah tahan lama, kuat guna segala macam cuaca, bebas jamur, bisa diaplikasikan pada benda berbagan kayu atau besi.
  3. Cat Emulsi Styrene Acrylic
    Cat ini sangat berguna untuk material seperti asbes, batako, beton, plesteran, tripleks karena dengan cat emulsi styrene acrylic beda tersebut dapat melindungi benda tersebut dari air.
  4. Cat Epoxy
    Cat Epoxy biasanya terdiri dari 2 bahan yaitu cat epoxy / resin dan hardener. Kedua bahan tersebut dicampur dalam perbandingan tertentu hingga merata dan diaplikasikan pada beton atau keramik. Ada berbagai macam fungsi epoxy lantai yang harus di ketahui. Ada cat bangunan epoxy mempunyai kandungan resin yang paling kuat. Maka tersebut cat ini dapat digunakan guna melindungi sekian banyak macam material bangunan. Cat epoxy umumnya mempunyai sifat lengket.
  5. Cat Melamine
    Melamine atau yang biasa juga disebut acid catalyzed adalah cat dua komponen yang terdiri dari resin amino alkyd dan asam (acid) sebagai hardener. Komponen hardener tersebut berfungsi sebagai katalis yang mempercepat reaksi pembentukan film.
  6. Cat Polyurethane
    Cat polyurethane kerap dinamakan sebagai cat PU. Cat bangunan satu ini adalah tipe yang umum dipakai untuk finishing glossy. Kualitasnya premoum dan dapat menahan terjangan panas dan bahan kimia. Hasilnya, material yang dipulaskan cat ini bakal tahan gores, kuat, dan keras.
  7. Bangunan Wall Sealer
    Seperti yang sudah dilafalkan di atas, ada sejumlah jenis cat yang kerap dipakai sebagai dasar dinding. Salah satu cat tersebut merupakan jenis wall sealer. Fungsinya merupakan membuat pori-pori dinding terisi sehingg hasilnya jadi lebih halus. Proses pengecatan akhir juga jadi gampang dilakukan.
Next PostRead more articles