5 Manfaat Puasa Menurut Ilmu Sains

5 Manfaat Puasa Menurut Ilmu Sains
5 Manfaat Puasa Menurut Ilmu Sains

Puasa bulan Ramadhan adalah ibadah wajib bagi umat Muslim. Taukah Anda manfaat berpuasa ternyata sangat banyak lho teman-teman. Berpuasa tidak hanya untuk menahan lapar dan haus, tapi menurut ilmu sains puasa memiliki banyak manfaat. Yuk kita simak 5 manfaat puasa menurut ilmu sains.

Manfaat Puasa

  1. Puasa mengurangi resistensi insulin
    Penelitian dari beberapa ahli sains menemukan manfaat puasa dapat mengontrol gula darah. Puasa sangat berguna bagi mereka yang berisiko terhadapap penyakit diabetes. Pada salah satu penelitian terhadap 10 orang menunjukkan puasa intermiten jangka pendek dapat menurunkan kadar gula darah. Penelitian itu diterbitkan pada jurnal US National Library of Medicine National Institutes of Health (NCBI).
  2. Puasa dapat meningkatkan kesehatan jantung
    Ada penelitian mengungkapkan puasa delapan minggu secara bergantian dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida jahat sebesar 25% dan 32%.
  3. Puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh
    Puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan membatasi asupan kalori. Puasa dapat meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin, ini membantu dalam menurunan berat badan. Puasa sepanjang hari dapat mengurangi berat badan sampai 9% tapi harus diingat berbuka dengan porsi secukupnya ya.
  4. Puasa dapat memperpanjang umur
    Dalam penelitian yang diuji cobakan pada tikus yang berpuasa setiap hari mengalami usia hidup 83 persen lebih lama dari tikus yang tidak berpuasa. Akan tetapi penelitian baru dilakukan pada hewan saja, untuk lebih lanjut masih belum dilakukan pada manusia.
  5. Puasa dapat mencegah kanker
    Penelitian pada tikus yang berpuasa menghasilkan bahwa tikus lebih rentang terkena kanker. Sebuah studi puasa bergantian membantu menghambat pembentukan tumor pada hewan tikus. Selain itu, pada penelitian lain menunjukkan mengekspos sel kanker pada beberapa siklus puasa sama efektifnya dengan kemoterapi dalam menunda pertumbuhan tumor dan meningkatkan efektivitas obat kemoterapi.

Di bulan Ramadhan ini mari kita berpuasa dengan penuh suka cita. Walapun di puasa ramadhan tahun ini ada pandemi corona, jadi setiap umat islam tidak bisa sebebas seperti tahun sebelumnya saat menjalankan ibadah puasa. Namun, pandemi corona ini jangan dijadikan alasan atau sebagai penghalang untuk tidak berpuasa. Semangat ya teman-teman KlinKlin.