Pengertian Cat dan Jenis-Jenis Macam Cat Menurut KlinKlin

Pengertian Cat dan Jenis-Jenis Macam Cat Menurut KlinKlin
Pengertian Cat
  • Post Category:Cat

Pengertian Cat adalah suatu lapisan yang berguna untuk melindungi dan mempercantik suatu benda atau permukaan. Lapisan tersebut bisa berupa suatu lapisan berpigmen (berwarna) ataupun tidak berwarna (vernis). Di zaman modern saat ini cat dapat digunakan untuk berbagai fungsi dan dapat diaplikasikan hampir pada semua benda, antara lain untuk menghasilkan karya seni. Pelukis menggunakan media canvas atau patung dan dilapisi atau diberikan cat untuk membuat karya seni yang indah. Cat juga biasa digunakan di dunia industri yaitu untuk melapisi bangunan atau besi agar tidak berkarat.

Dikehidupan sehari-hari cat biasa digunakan untuk mempercantik benda-benda di sekitar kita. Tidak hanya memberi warna, cat juga bisa memperpanjang usia benda tersebut. Karena sifat cat yang dapat melapisi dan melindungi permukaan benda, untuk benda berbahan besi tidak cepat mudah teroksidasi dengan lingkungan sekitar.

Jenis-Jenis atau Macam-macam Cat

Ada beberapa hal tentang cat yang harus kita pelajari, karena cat itu mempunyai banyak sifat jenis dan peruntukannya. Jadi tergantung dari kebutuhan untuk benda apa yang akan dilapisi.

4 Jenis Cat Bangunan Berdasarkan Lapisan

  1. Cat Primer

    Cat primer berbahan minyak atau air ini adalahcat kesatu yang diaplikasikan di permukaan bahan bangunan laksana kayu, plester, atau besi.
    Cat ini dipakai untuk menyerahkan daya lekat yang baik antara bahan bangunan dengan cat setelahnya.

  2. Cat Undercoat Cat undercoat atau cat dasar

    seringkali berbahan minyak ini seringkali digunakan sesudah cat primer.
    Jenis cat bangunan ini bermanfaat untuk menghaluskan permukaan cat primer dan mengayomi cat primer terhadap pengaruh sinar ultraviolet.

  3. Cat Akhir

    Cat akhir atau cat finishing yang diaplikasikan terakhir pada bahan bangunan ini bermanfaat untuk memperindah dan menimbulkan warna yang lebih menarik.
    Jenis cat ini seringkali digunakan guna interior (dinding dan langit-langit).
    Cat unsur akhir ini adalah emulsi berbahan dasar air dengan gabungan vinil dan akrilik resin yang membuatnya lebih tahan lama dari jenis konvensional.

  4. Cat Top Coat

    Top coat atau clear coat ialah cat sangat terakhir tetapi dicatkan pada pengecatan sistem metalik.
    Fungsi dari top coat ini ialah untuk menyerahkan daya kilap/gloss pada base coat metalik.

Jadi sudah paham kan Arti Pengertian Cat, Jenis dan Kegunaannya?

Kalau masih kurang paham, yuk pelajari lebih lanjut di post artikel berikutnya. Ada jenis cat berdasarkan bahan peruntukannya. Ada cat Duco, cat Epoxy dan lainnya.