Cara Merawat Sapu Biar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Sapu Biar Tidak Cepat Rusak
Cara Merawat Sapu Biar Tidak Cepat Rusak

Pasti kita tidak asing dengan keberadaan benda satu ini, Yap Sapu! Tak mungkin rasanya jika di suatu ruangan tidak ada keberadaan benda yang satu ini. Benda satu ini selalu setia menemani para Ibu Rumah Tangga, ART, Anak Kos. Bahkan hampir 8 dari 10 orang pasti pernah memiliki dan menggunakan benda ajaib yang dapat menyulap ruangan kotor menjadi bersih. Bisa kita bayangkan benda satu ini, hampir setiap hari digunakan jadi perlu melakukan cara merawat sapu agar sapu dapat awet dan tahan lama, jadi setelah pemakaian tidak asal menggunakan dan diletakan begitu saja. Sapu terbagi dari beberapa jenis yakni Sapu Lidi, Sapu Ijuk, Sapu Jerami serta Sapu Plastik. Setiap jenisnya memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda.

*Sapu Ijuk, sapu yang satu ini paling populer diantara sapu lainnya. karena kegunaannya, sapu digunakan untuk membersihkan ruang di dalam rumah serta halaman ruman.

*Sapu Lidi kegunaannya antara lain untuk membersihkan tempat tidur. Agar terbebas dari debu dan kotoran serta menyapu di kebun untuk menyapu daun yang gugur dan lainnya.

Meskipun benda ini harganya terjangkau serta penampilannya tidak terlalu diperhatikan oleh pemilik. Namun tidak bisa kebiasaan itu terus dilanjutkan Klin Lovers karena sapu harus selalu awet dan maksimal saat digunakan untuk membersihkan. Berikut beberapa tips untuk Klin Lovers agar sapu di rumah Awet dan Rumah selalu bersih dan bebas debu serta kotoran

 

Gunakan Satu Sisi Untuk Menyapu

Agar sapu tidak mudah rontok dari gagang cara merawat sapu yang benar, Klin Lovers dapat menentukan satu sisi untuk menyapu sehari-hari. Sebab jika Klin Lovers menggunakan kedua sisi untuk menyapu akan mengakibat kan sapu mudah goyah serta bulu-bulu akan lebih mudah lepas dari gagang sapu. Klin Lovers dapat menandai satu sisi untuk menyapu dengan menggunakan menempel tanda di badan/gagang sapu.

Bersihkan dengan Air Sabun

Saat terdapat kotoran di sapu, Klin Lovers dapat menghilangkan nya dengan cara rendam sapu menggunakan air yang telah dicampur dengan sabun. Lalu bilas dengan air bersih serta jangan lupa sebelum digunakan kembali pastikan sapu benar benar kering, Karena pemakaian sapu yang basah akan merusak sapu.

Ikat Sapu dengan Karet Untuk Menyatukan Kembali Sapu

Jika sapu ijuk ataupun sapu jerami bulunya mulai terpisah atau tidak menyatu serta terpisah menjadi dua bagian, rendam bagian bawah sapu dengan air panas kurang lebih 30 menit. Serta ikat bagian ujung ijuk atau jerami dengan karet gelang atau tali. dan diamkan semalaman. Saat esok hari karet dilepas, bulu sapu akan kembali ke bentuk semula dan kembali kuat seperti baru.

Rendam Sapu Dengan Air Garam

Rendam sapu kedalam air panas yang sudah ditaburi satu sendok garam dapur selama kurang lebih satu jam. Lalu, kemudian keringkan. Cara ini dapat membuat ijuk dan jerami pada sapu menjadi kuat karena memang sapu ijuk dan jerami ini mudah layu dibanding dengan sapu lainnya..

Siapkan Gantungan atau Letakkan Gagang Sapu Terbalik.

Agar sapu dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak, Klin Lovers dapat mengikuti salah satu trik terbaik ini yaitu dengan meletakkan sapu pada posisi terbalik saat tengah tidak digunakan, artinya gagang di bawah dan bulu di atas. Klin Lovers juga dapat menggantungnya pada paku yang telah tersedia. yang harus digaris bawahi jangan sampai meletakan sapu di lantai karena akan membuat bulu sapu mudah kotor dan bulu sapu cepat renggang.

Jangan Langsung Terpapar Cahaya Matahari

Jangan meletakkan atau menyimpan sapu di tempat yang langsung terpapar sinar matahari secara langsung. Hal tersebut akan membuat kerusakan pada ijuk dan lidi. Sinar matahari langsung dapat lidi dan ijuk mudah rapuh sapu serta membuat bagian badan sapu yang berwarna menjadi kusam atau pudar.

Bersihkan dengan Sikat Gigi

Untuk mengantisipasi jamur pada ijuk, lidi maupun jerami agar sapu tetap awet. Hal yang dapat dilakukan dengan menyikat bulu sapu menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Cara ini ampuh untuk menghilangkan debu dan jamur yang menempel pada sapu.

Wajib Memiliki Sapu Cadangan

Demikian tips cara merawat sapu yang benar, Sebaiknya Klin Lovers memiliki minimal 2 sebagai cadangan, untuk masing-masing Sapu. Karena sapu yang digunakan berturut-turut memerlukan waktu untuk beristirahat untuk mendapatkan perawatan dari sang pemilik. Maka dari itu Klin Lovers wajib memiliki sapu cadangan.

 

Berikut beberapa tips yang dapat dibagikan kepada Klin Lovers! Semoga sapu dirumah awet dan tahan lama serta pastikan rumah selalu bersih karena, Kebersihan sebagian dari iman. Follow instagram kami @KlinKlin.Indonesia

Next PostRead more articles